Tips Sukses Mengerjakan Ujian Nasional

Selasa, 01 Maret 2011

Tips Sukses Mengerjakan Ujian Nasional

18 04 2009
Sebenernya ini cuma sedikit pengalaman sewaktu gw ngerjain soal Ujian Nasional SMP. Mungkin aja ini bisa diterapin buat UASBN SD, UN SMP, atau bahkan UN SMA.  Tapi ini cuma sekitar tips sedikit aja. Nilai UN gw 37,80. Sudah sangat cukup buat gw, ini ada dia tips nya!

24863512392043691

1. Pelajari Latihan Contoh-Contoh Soal
Berhubung UN itu lebih kepada soal-soal pilihan ganda. Jadi menurut gw latihan contoh-contoh soal. Baik ulangan biasa ataupun soal-soal UN tahun sebelumnya. Beli buku-buku soal di toko buku, latihan banyak-banyak, jadi pas ngerjain soal UN bakal terbiasa.
2. Belajar Latihan Soal dari Bimbingan Belajar
Pelajari setiap latihan soal yang diberikan dari bimbingan belajar. Karena selaen sekolah yang punya kisi-kisi Ujian Nasional itu adalah hampir semua bimbingan belajar. Pasti mereka pengen setiap yang ikut bimbingan belajarnya sukses UN dan membuat reputasi bimbingan belajar itu jadi baik.
21126112199360551
3. Bikin Catatan Kecil di Satu Kertas HVS
Catatan ini bukan buat contekan, tapi buat mengingat dimana aja. Pas ulangan ya jangan dibawa. Bagi kertas HVS itu sampe terlipat jadi 8 bagian. Karena kertas HVS itu bisa dipake bolak-balik, jadi lo bisa catet semua materi yang akan di tes kan di 16 bagian yang tersedia. Taruh di kantong, pas kemana-mana, bisa dibawa-bawa. Lumayan buat belajar ke mana aja lo pergi. Yang tips ini gw dapet dari guru smp dan berhasil.
4. Jangan Dibawa Tegang
Hadapi dengan santai tapi serius. Pikiran jangan buat dapetin nilai yang asal lulus aja. Pikirin bahwa nilai lo itu bisa dapet yang tertinggi. Gw waktu itu gak terlalu bawa tegang. Karena gw tau gw pasti lulus, dan gw bakal dapet SMA yang waktu itu gw mau. Karena emang buat masuk SMA itu gak perlu nilai yang terlalu tinggi, masih dalam ukuran biasa aja. Tapi akhirnya gw masuk SMA 8. Hehe
5. Persiapkan Segala Peralatan buat UN
Siapin kartu ujian dan segala perlengkapan lainnya. Kalo udah lengkap, pasti gak ada yang dipikirin lagi. Ngerjain ujian juga pasti jadi enak tanpa ada beban.
Segini aja sih, semoga berguna. Hanya sedikit tips dari pengalaman sesaat. Sedikit tapi diharapkan bisa berguna untuk kalangan banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

viewer

Diberdayakan oleh Blogger.